Kamis, 03 September 2009

DIA DAN AKU (Lui et moi)

Aku mengasihinya,

sangat besar,

hingga rasanya lebih besar dibandingkan untuk diriku sendiri.


Tapi kusadari,

kasih yang kuberikan untuknya,

mungkin tak terbalas sama besar,

karena aku tahu,

dia punya kekasih hati yang lain,

dan itu bukan aku.


Aku sedih,

karena cintaku padanya bertepuk sebelah tangan.

Tapi aku lebih sedih,

jika cintanya tak terbalaskan.


Dan aku masih bisa lebih berbahagia,

saat aku tahu dia bahagia.

Walau itu bukan bersamaku,

walau senyum itu bukan untukku sepenuhnya,

walau tatapan mata yang hangat itu,

bukan tertuju padaku selamanya.


Aku bahagia,

saat melihatnya tersenyum pada orang yang dicintainya,

walau itu bukan aku.


Aku bahagia,

walau hanya menjadi teman di saat ia merasa sepi dan sendiri,

dan terlupakan saat ia bersama cintanya.


Aku bahagia,

menjadi teman saat malam harinya.

Mendengar semua keluhan dan cerita yang tak pernah bisa ia bagikan pada orang lain,

hanya kepadaku satu-satunya.


Aku bahagia.

Saat menjadi teman dalam rasa penat.

Dalam kebosanannya.

Dalam rasa jenuhnya.

Dalam rasa khawatirnya.

Dalam rasa kesal hatinya,

bahkan dalam semangatnya,

karena aku mengenal dia apa adanya.


Dan aku mencintai dia apa adanya.

Dalam kebaikan dan keburukannya.

Dalam kelebihan dan kekurangannya.

Karena bagiku,

cinta itu jujur dan tulus,

tanpa harus memandang kemewahan dan kekayaan,

tanpa harus memandang kemilau semu.


Dan cintaku untuknya,

sederhana dan apa adanya.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


(terjemahan dlm bhs Prancis ala Jeadist :P Harap dimaklumi kalau ada kesalahan. Cukup lama tidak menggunakan bahasa Prancis lagi setelah sekian lama. Jadi sekaligus belajar kembali. :)




Lui et moi

Je l'aime,
très grand,
jusqu'à ce qu'il soit plus grand que pour moi-même.

Mais j'ai réalisé,
amour que je lui ai donné,
peut-être autant sans contrepartie,
parce que je sais,
Il a du cœur d'un autre amant,
et ce n'est pas moi.


Je suis triste,
à cause de mon amour pour son pas réciproque.
Mais je suis plus triste,
si l'amour était vengée.

Et je ne pourrais être plus heureux ,
quand j'ai su qu'elle était heureuse.
Si elle n'était pas avec moi,
un sourire, même si elle n'était pas pour moi complètement,
malgré la chaleur regard de cela,
pas sur moi pour toujours.


Je suis content,

quand je l'ai vu sourire aux gens qui l'aimaient,
si ce n'était pas moi.


Je suis content,

mais seulement devenus amis quand il se sentait isolé et seul,

et oubliées comme il a partagé son amour.


Je suis content,

sont devenus des amis au cours de la soirée.

Entendu toutes les plaintes et les histoires,

qu'il ne pourrait jamais partager avec d'autres personnes,

que moi seule.


Je suis content.

Quand un ami dans le sens de la fatigue

L'ennui.

Dans le sens de gras saturés.

Dans le sens d'inquiétude.

Au coeur de ressentiment,

même dans l'esprit,

parce que je savais qu'il était ce que la.


Et je l'aime ce qu'elle est.

Les vertus et les vices, il.

Les advantages et les inconvénients qu'il.

Pour moi,

l'amour est honnête et sincère,

sans avoir à regarder le luxe et la richesse,

sans avoir à regarder pseudo brillant.


Et mon amour pour lui,

simple et candide.






030909/05.00 am wita @ Denpasar - Bali - Indonesia

PS : Saking sudah lama tidak menggunakan bhs Prancis (kira-kira 3tahun lebih ini) jadi terjemahannya kurang begitu pas mungkin. Hehehe... Harap dimaklumi. Silahkan kalau ada yg mau memperbaiki :)

2 komentar:

  1. Leh tahu mang kamu suka puisi yang bertemakan cinta atau sedang mengalami sesuatu dgn cinta?
    Kayaknya dari 2 Puisi kamu yang aku baca semuanya menceritakan perasaan tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan?

    BalasHapus
  2. Dear kawan Sandy

    trims utk responnya :)
    wahhh, kenapa kok bisa merasa bahwa apa yg jadi hasil karya saya selalu berasal atau bercerita ttg pribadi saya??
    feel-nya sampai ya?
    atau? sekedar tebakan?

    hmmmm, saya selalu mengalami banyak hal ttg yg kita sebut CINTA,hehehe...
    baik dari dlm diri saya sendiri, maupun dari pengalaman orang lain yg mau share :)

    saya suka tema apa saja... :)
    coba bca puisi2 saya yg lain, temanya beragam :)
    yg penting, inti pesan yg mau saya komunikasikan saja..
    maklum lg belajar menghasilkan karya :)

    BalasHapus

Please leave a positive comment, positive response and feedback. Thank you! Keep positive!